Skip to main content

Technology Jobs

4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital

Pembelajaran
Komptensi Dasar 4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas etika dalam kewargaan Digital yu kita bahas selengkapnya.

Konsep Digital Citizenship muncul seiring dengan semakin dahsyatnya perkembangan teknologi informasi dan internet yang ditopang dengan kehadiran berbagai situs jejaring, baik dalam bentuk macroblog maupun microblog. Saat ini, ratusan juta orang dari berbagai belahan dunia telah memanfaatkan kehadiran situs jejaring sebagai ajang untuk saling interaksi antara satu individu dengan individu lainnya secara digital. Mereka bergabung dan membentuk komunitas-komunitas tertentu untuk saling berbagi informasi dan memanfaatkan berbagai konten yang didistribusikan, baik  dalam bentuk video, e-book, gambar, dan lain-lain.


Penggunaan situs jejaring di Indonesia tampak menunjukkan perkembangan yang signifikan dan telah merambah hampir semua lapisan kalangan, mulai dari presiden, politisi, selebriti, akademisi, hingga masyarakat awam, termasuk di dalamnya anak-anak kita. Hingga tahun 2012,  dilihat dari angka pertumbuhan pengguna, Indonesia tercatat sebagai negara terbesar keduang,setelah India, dan diperkirakan mencapai angka pertumbuhan sekitar 51.6% . (popsurvey.net). 

Facebook tampaknya masih menjadi pilihan favorit dan menempati urutan pertama sebagai situs jejaring yang banyak digunakan masyarakat, disusul Twitter pada urutan kedua. Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Komunikasi dan Informatika, total ada sekitar 43,06 juta orang yang menggunakan situs jejaring sosial Facebook (AntaraNews.com).  Mereka yang memanfaatkan dan bergabung dalam berbagai situs jejaring itulah yang kemudian membentuk hadirnya konsep Digital Citizenship.

Lantas, apa sesungguhnya Digital Citizenship itu? Teachthought.com memberikan rumusan tentang Digital Citizenship sebagai “the quality of an individual’s response to membership in a community”. Sementara, digitalcitizenship.net  memberikan pengertian Digital Citizenship sebagai “the norms of appropriate, responsible behavior with regard to technology use”. Rumusan dari  Teachthought.com lebih berkaitan dengan penggunaan jejaring sosial, sedangkan digitalcitizenship.net memberikan pengertian Digital Citizenship dalam konteks penggunaan teknologi yang lebih  luas. Dari kedua rumusan tersebut tampak bahwa Digital Citizenship menunjuk pada kualitas perilaku individu dalam berinteraksi di dunia maya, khususnya dalam jejaring sosial, dengan menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab, sesuai dengan norma dan etika yang berlaku.

Digital Citizenship berhubungan dengan kemampuan mengelola dan memonitor perilaku dalam menggunakan teknologi, yang didalamnya terkandung keamanan, etika, norma, dan budaya.
Bagaimana seharusnya kita memanfaatkan teknologi informasi secara aman, tidak menimbulkan kerugian dan membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Bagaimana seharusnya kita berkomunikasi di jejaring sosial dengan tetap menjaga etika, mengacu pada norma-norma yang berlaku di lingkungan internal,  nasional maupun universal.
Bagaimana seharusnya kita bertransaksi informasi di dunia maya, terutama dalam mengunggah/mengunduh konten dan bertransaksi  melaui online shop.

Melihat perkembangan penggunaan internet dan situs jejaring di Indonesia yang demikian pesat, di satu sisi bisa dikatakan sebagai suatu kemajuan, –setidaknya masyarakat sudah belajar untuk mengenal teknologi, tetapi di sisi lain menimbulkan keprihatinan tersendiri, khususnya bila dikaitkan dengan Digital Citizenship ini. Budiono Darsono, Pemimpin Redaksi Detikcom, menyebutkan penggunaan situs jejaring sosial di Indonesia mengalami tantangan bahwa masih banyak yang menggunakan untuk hal-hal kurang produktif. (Kompas.com).

Situs jejaring ditengarai kerap digunakan sebagian orang atau kelompok tertentu untuk mencerca dan mencemarkan nama baik orang lain. Jika Anda sempat mengikuti komentar-komentar yang  ada di berbagai media online, khususnya yang terkoneksi ke situs jejaring sosial, Anda bisa menemukan puluhan atau ratusan komentar yang menggambarkan betapa masih perlunya peningkatan pemahaman dan kesadaran akanDigital Citizenship ini.

Untuk menjadi warga digital (Digital Citizen) yang sehat dan bermartabat tentu diperlukan edukasi tersendiri. Di sekolah, siswa perlu dibelajarkan dalam mengakses berbagai informasi melalui internet secara benar dan mampu berkomunikasi secara beradab dalam situs jejaring yang diikutinya. “Digital Citizenship must become part of our school culture—not just a class or lesson but the way we do business in education”,demikian saran dari Mike S. Ribble dan Gerald D. Bailey.  Di lain pihak, Agus Sampurnodalam blog yang dikelolanya mengingatkan kepada kita tentang pentingnya pendidik untuk  menjaga keselamatan siswa di internet.

Comments

Yang Sering Dibuka oleh Pengunjung 1 Bulan Ini

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) Komunikasi Dalam Jaringan  Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun  yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, ...

4.10. Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Pembelajaran SIMDIG Semester 2 KD. 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. Selain itu komunikasi juga adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal (lisan dan tulisan) atau nonverbal (sentuhan dan gerak tubuh). Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena k...

3.9. Menerapkan teknik penelusuran Search Engine

Pembelajaran Komptensi Dasar 3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine Pada pertemuan kali ini kita akan membahas Menerapkan teknik penelusuran Search Engine yu.. kita bahas selengkapnya. A.  Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu Menjelaskan komponen mesin penelusur. Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi. Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarianinformasi. Melakukan penelusuran lanjutan. 1.  Uraian Materi Mesin Pencari Web  Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: websearch engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupunnews group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam be...

PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

PENGERTIAN Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi. Tidak terkecuali pada bidang perkantoran, informasi – informasi yang ada telah diolah menggunakan aplikasi khusus perkantoran atau biasa disebut office suite (aplikasi perkantoran). Aplikasi yang biasa digunakan dalam perkantoran terdiri dari Pengolah Kata, Pengolah Angka, Aplikasi Presentasi. Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office. Paket Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word (Pengolah Kata), Microsoft Excel (Pengolah Angka), dan Power Point (Aplikasi Presentasi). Microsoft Office memiliki beberapa versi, saat ini versi yang banyak digunakan adalah versi Microsoft Office 2010. Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah ...

Download Aplikasi Sekolah Lengkap Tahun 2019

Bagi  Bapak / Ibu Bapak Guru yang ingin memiliki aplikasi pendidikan versi lengkap ini, bisa di download pada link-link di bawah ini: Download Aplikasi Buku Induk Siswa SMP Download  Aplikasi Buku Induk Siswa SD Download   Aplikasi Buku Tabungan Siswa Download Aplikasi SKP Untuk Personal Guru PNS Download Aplikasi Penilaian KTSP Untuk SD dan MI Download Aplikasi Penilaian K13 Untuk SD dan MI Download Aplikasi Raport Madrasah Ibtidaiyah Download Gratis Aplikasi Kelola Dana BOS Download Aplikasi Cetak SK Yayasan Untuk Guru swasta Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa PAUD TK RA Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SMP MTs Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SD MI Format Excel Download Update Aplikasi Buku Kas Umum Sekolah Download Gratis Download Aplikasi atau Software Surat Menyurat Gratis Download Aplikasi Cetak Rekap Nilai Siswa UTS UAS dan Raport Download Aplikasi Perpusakaan Sekolah Ex...

Apa Itu Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan

AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) mungkin bagi  yang baru naik kelas 11 khususnya jurusan TKJ baru mendengar mapel produktif ini.Ketika cek jadwal pelajaran tahun ajaran baru, pasti bakalan nemu kata ini  dijadwal.Lalu mulai terbesit didalam pikiran “Lah emang apa aja yang bakal dipelajarin di mapel ini ?? Jangan-jangan cuman sekedar ngukur kabel doang “.Dan akhirnya kita pun mulai inisiatif mencari tahu ke Mastah Google. Nah sebelum kita mencari tahu apa aja yang bakalan dipelajarin nanti, alangkah baiknya kita juga perlu tahu AIJ itu apa. Kita mulai cari tahu dulu emang arti dari administrasi itu sendiri apa?? Kalau saya kutip dari Wikipedia arti dari administrasi ” Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. “ Simpelnya administrasi itu adalah proses kerjasama untuk mencapai  tujuan.Lalu  ada pula ...

VLAN Membership

Untuk memberi identitas sebuah VLAN digunakan nomor identitas VLAN yang dinamakan VLAN ID. Digunakan untuk menandai VLAN yang terkait. Dua range VLAN ID adalah: a. Normal Range VLAN (1 – 1005) Digunakan untuk jaringan skala kecil dan menengah. Nomor ID 1002 s.d. 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN. ID 1, 1002 – 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan. Konfigurasi disimpan di dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat. file ini disimpan dalam memori flash milkik switch. VLAN trunking protocol (VTP), yang membantu manajemen VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database VLAN. b. Extended Range VLANs (1006 – 4094) Memungkinkan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak. Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal.Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingakn VLAN normal range. Disimpan dalam NVRAM (file running co...

Materi Pembelajaran II Jenis, Karakter Dan Sumber Data

1. Pengertian Data Data dalam program aplikasi pegolah angka merupakan informasi baik berupa tulisan, angka, symbol, dan informasi lainnya yang memungkinkan untuk di entri kedalam program aplikasi pengolah angka, dalam hal ini Microsoft Excel. 2. Jenis –Jenis Data    Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat. a. Data Angka (numeric) Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000). b. Data Teks/Label Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-z), kemudian bias diikuti karakter selain data angka dan alpha numeric (gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan. c.  Data Tanggal ...

buatlah peta minda sederhana

Pada judul postingan kali ini, kita mencoba untuk membuat petaminda sederhana tapi sebelumnya bagi yg belum memahami konsep dan dasar petaminda silah bisa baca dibawah ini Sekilas penjelasannya Peta Minda bisa diartikan sebagai peta pikiran atau peta konsep. Dalam istilah asing, peta minda ini adalah Mind Map atau Mind Mapping. Peta Minda adalah peta khusus yang berisi info grafis mengenai keterkaitan antara kosep-konsep atau pikiran-pikiran yang terhubung membentuk suatu proporsi. Pembahasan Peta Minda ini sederhananya adalah memvisualisasikan pikiran (ide atau gagasan) supaya lebih teratur sehingga ide-ide atau gagasan lain bisa digali lebih dalam lagi. Jika yang dikehendaki untuk dibuat adalah peta minda mengenai liburan keluarga maka peta tersebut haruslah memuat unsur-unsur seperti: Anggota keluarga yang ikutt Tujuan atau destinasi liburan, rinci satu-satu. Perlengkapan yang harus dibawa. Aktivitas apa saja yang hendak dilakukan di sana ...

MATERI 3.2-4.2 SISKOMDIG PETA MINDA

Budayakanlah membaca dari sekarang......  Peta Minda Alokasi Waktu           6 x 40 menit ( 2 x Pertemuan ) Kompetensi Dasar    :  3.2.Menerapkan metode peta minda 4.2.Membuat Peta Minda Aplikasi Yang Harus kita persiapkan diantaranya Z-Mind ( Android ) FreeMind for Windows XMind berkolaborasi dengan kawan yang berada di sekolah lain menggunakan  www.mindmup.com. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda (peta minda). Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi dalam sel-sel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu kita untuk memahami suatu hal yang komplekss, cukup dengan satu gambar. Sifatnya yang divergen, ...
Back to top