Skip to main content

Technology Jobs

Program Kerja MPLS Tahun 2019-2020

Bagi Bapak / Ibu guru yang sedang cari - cari dokumen untuk MPLS tahun 2019-2020 silahkan download dokumennya di tugas sekolah



KATA PENGANTAR

Seraya memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita semua masih diberikan kekuatan dalam mempersiapkan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. kegiatan tersebut

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru meruapakan kegiatan yang bukan pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 sebagai pengganti kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang dulu bernama kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru dan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru

Salah satu tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah bertujuan untuk memgenalkan lingkungan sekolah SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ..........................dan sebagai sarana beradaptasi para siswa baru terhadap lingkungan yang baru dan bersosialisasi dengan teman – teman baru serta ajang wahana kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan dalam upaya memajukan ..........................

Pada kesempatan ini, kami membuat proposal sekaligus sebagai program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru dengan tujuan agar dapat dibaca dan dipelajari oleh semua stakeholder di lingkungan sekolah. Proposal ini sebagai bentuk untuk menggambarkan rancangan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan kami selenggarakan. Di dalam proposal ini kami memaparkan semua yang  berhubungan dengan penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru.

Akhirnya, Kami mengharapkan partisipasi semua pihak untuk keterlaksanaan Proposal / Program kerja Masa PengenalanLingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru semoga dapat memberikan banyak manfaat yang lain. Kepada para peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru, kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru khususnya di ..........................  dan selamat bergabung dengan kami di .......................... Semoga Tuhan Yang Maha Esa Melindungi Kita Semua Amiin.


Penyusun
Panitia MPLS ..........................



PROPOSAL / PROGAM KERJA KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

A.    Latar Belakang
Untuk menyambut kehadiran para siswa-siswi baru ini, diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap lingkungannya yang baru di .......................... Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru.



Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru ini diisi dengan sosialissasi nilai-nilai sosial, tata tertib di .......................... dan beberapa pengenalan tentang JURUSAN yang ada pada ........................... Sehingga siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa di lingkungan dan mengetahui Jobseet yang nantinya akan dihadapinya untuk 3 tahun dimasa pendidikannya

B.  Dasar Huukum
  1. Permendikbud No. 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
  2. kalender Akdemik Dinas Pendidikan Propinsi ......
  3. Kalender Akdemik Dinas Pendidikan Kab/Kota ....
  4. Program  ..........................


C. Tujuan
  1. Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler di ........................... dan evaluasi dari seluruh kegiatan yang ada di Sekolah Tingkat Pertama sebelumnya
  2. Mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.
  3. Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah.
  4. Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah.

 D.  Nama Kegiatan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMK ..........................Tahun Ajaran 2019/2020

 E.  Tema Kegiatan
“Dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru kita tingkatkan kemandirian, kedisiplinan, persaudaraan dan kekompakan.”

F.   Waktu dan Tempat
Hari           : Selasa s/d. Kamis
Tanggal     : 09  s.d. 11 Juli 2019
Tempat      : SMP/..........................

G.    Peserta/ Sasaran
Peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMK ..........................adalah seluruh siswa baru tahun ajaran 2019/2020.

H.   Susunan Panitia
Dewan Pembina
:
Ketua Yayasan
Penanggung Jawab
:
Kepala Sekolah
Wakil Ketua
:
Waka Kesiswaan
Sekretaris
:
Guru
Bendahara
:
Guru
Anggotas
:
Guru dan Pengurus OSIS

I.     Jadwal Kegiatan
   Selama penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2019/2020  ini, para siswa baru akan menerima materi sesuai Permendikbud No 18 Tahun 2016 dan melaksanakan kegiatan berupa:

  1. Pengisian formulir siswa baru dan Fomulir dapodik oleh Siswa Sesuai dengan Data yang ada seperti KK dan Akte Kelahiran
  2. Kegiatan pengenalan warga sekolah; Pengenalan stakeholders sekolah lainnya.
  3. Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, Mengenalkan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah
  4. Pengenalan  cara belajar, budaya dan tata tertib sekolah; Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa;
  5. Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa; Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya. Pengenal Penggunaan sumber  daya  sekolah  (air, listrik,  telepon,  dsb) secara efisien. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum. Menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah.
  6. Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun dan Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.
  7. Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, Beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air, dan Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif.
  8. Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkai
  9. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah
  10. Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, narkotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya merokok.
  11. Mengajarkan  simulasi  antri  melalui  baris  sebelum  masuk  kelas,  dan  pada  saat bergantian memakai fasilitas sekolah. Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.
  12. Kegiatan kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah
  13. Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok,  Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.


J.      Anggaran
1. Pemasukan
=
Rp. .............................
2. Pengeluaran


a.    Konsumsi
=
Rp. .............................
b.    Insentif Panitia
=
Rp. .............................
c.    Tutor
=
Rp. .............................
JUMLAH
=
Rp. .............................


K.   Penutup
Demikian proposal sekaligus sebagai program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMK .......................... ini kami ajukan untuk dijadikan acuan dan untuk disetujui. Kegiatan Ini akan berjalan baik dan lancar berkat duukungan dan bantuan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Atas dukungan dan kerja sama kami ucapkan terima kasih

Jadwal Kegiatan MPLS ..........................

NO
HARI, TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
PENGAMPU
TEMPAT
1.
Selasa,
09 Juli 2019
07.00 – 08.00
Upacara pembukaan
Panitia dan OSIS
Halaman upacara


08.00 – 09.00
Pengenalan dengan kakak kelas dan bertukar pengalaman
Guru dan Pengurus OSIS
Ruang Kelas
09.00 – 10.00
Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, Mengenalkan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah
KEPSEK
Ruang Kelas


10.00 – 10.30
ISTIRAHAT


10.30 – 11.30
Pengenalan  cara belajar, budaya dan tata tertib sekolah; Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa;
Guru dan OSIS
Ruang Kelas


11.30 – 12.00
Kebersihan kelas dan Lingkungan Sekolah

Guru  dan Pengurus OSIS
Ruang Kelas dan Lingkunhan Sekolah


12.00 – 12.30
Shalat Djuhur ber jamaah
penguman persiapan hari selanjutnya
pulang
Guru  dan OSIS
Mushola dan
Ruang Kelas




2.









Rabu,
10 Juli 2016



07.00 – 08.00
Sholat Duha
dan Keagamaan
Guru dan Osis
Lapangan atau Mushola
08.00 – 09.00

Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, narkotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya meroko
Guru dan Osis
Ruang Kelas
09.00 – 10.00
Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter
Guru dan Osis
Ruang Kelas
10.00 – 10.30
ISTIRAHAT

10.30 – 11.30

Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun dan Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif
Guru dan Osis
Ruang Kelas

11.30 – 12.00

Permainan dan Keakraban Siswa dengan Kaka Kelas yang bersifat edukasi

Pembina OSIS dan Pengurus OSIS
Ruang Kelas atau Lapangan

12.00 – 12.30

Shalat Djuhur ber jamaah dan penguman persiapan hari selanjutnya
pulang
 Guru dan Osis
Mushola dan Ruang Kelas






3.
Kamis,
11 Juli 2019
07.00 – 08.00
Sholat Duha
dan Keagamaan
Guru dan Osis
Lapangan atau Mushola


08.00 – 09.00
Kegiatan OSIS
Pembina OSIS
Ruang Kelas


09.00 – 10.00
Informasi Program Kejuruan
KAKOM
Ruang Kelas


10.00 – 10.30
ISTIRAHAT



10.30 – 11.30
Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkai
KAKOM

Ruang Kelas



11.30 – 12.00


12.00 – 12.30

Shalat Djuhur ber jamaah Penutupan
Guru dan Panitia
Ruang Kelas








Catatan :
Untuk Daya Dukung Materi dan Memahami Konsep Materinya di harapkan Tutor Untuk Membuat bahan Persentasinya menggunakan Powerpoint dan Menggunakan Infocus/Projector


Tugassekolah86.blogspot.com
Download Filenya Disini




Comments

Post a Comment

Yang Sering Dibuka oleh Pengunjung 1 Bulan Ini

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) Komunikasi Dalam Jaringan  Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun  yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, ...

4.10. Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Pembelajaran SIMDIG Semester 2 KD. 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. Selain itu komunikasi juga adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal (lisan dan tulisan) atau nonverbal (sentuhan dan gerak tubuh). Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena k...

3.9. Menerapkan teknik penelusuran Search Engine

Pembelajaran Komptensi Dasar 3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine Pada pertemuan kali ini kita akan membahas Menerapkan teknik penelusuran Search Engine yu.. kita bahas selengkapnya. A.  Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu Menjelaskan komponen mesin penelusur. Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi. Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarianinformasi. Melakukan penelusuran lanjutan. 1.  Uraian Materi Mesin Pencari Web  Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: websearch engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupunnews group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam be...

PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

PENGERTIAN Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi. Tidak terkecuali pada bidang perkantoran, informasi – informasi yang ada telah diolah menggunakan aplikasi khusus perkantoran atau biasa disebut office suite (aplikasi perkantoran). Aplikasi yang biasa digunakan dalam perkantoran terdiri dari Pengolah Kata, Pengolah Angka, Aplikasi Presentasi. Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office. Paket Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word (Pengolah Kata), Microsoft Excel (Pengolah Angka), dan Power Point (Aplikasi Presentasi). Microsoft Office memiliki beberapa versi, saat ini versi yang banyak digunakan adalah versi Microsoft Office 2010. Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah ...

Download Aplikasi Sekolah Lengkap Tahun 2019

Bagi  Bapak / Ibu Bapak Guru yang ingin memiliki aplikasi pendidikan versi lengkap ini, bisa di download pada link-link di bawah ini: Download Aplikasi Buku Induk Siswa SMP Download  Aplikasi Buku Induk Siswa SD Download   Aplikasi Buku Tabungan Siswa Download Aplikasi SKP Untuk Personal Guru PNS Download Aplikasi Penilaian KTSP Untuk SD dan MI Download Aplikasi Penilaian K13 Untuk SD dan MI Download Aplikasi Raport Madrasah Ibtidaiyah Download Gratis Aplikasi Kelola Dana BOS Download Aplikasi Cetak SK Yayasan Untuk Guru swasta Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa PAUD TK RA Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SMP MTs Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SD MI Format Excel Download Update Aplikasi Buku Kas Umum Sekolah Download Gratis Download Aplikasi atau Software Surat Menyurat Gratis Download Aplikasi Cetak Rekap Nilai Siswa UTS UAS dan Raport Download Aplikasi Perpusakaan Sekolah Ex...

Apa Itu Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan

AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) mungkin bagi  yang baru naik kelas 11 khususnya jurusan TKJ baru mendengar mapel produktif ini.Ketika cek jadwal pelajaran tahun ajaran baru, pasti bakalan nemu kata ini  dijadwal.Lalu mulai terbesit didalam pikiran “Lah emang apa aja yang bakal dipelajarin di mapel ini ?? Jangan-jangan cuman sekedar ngukur kabel doang “.Dan akhirnya kita pun mulai inisiatif mencari tahu ke Mastah Google. Nah sebelum kita mencari tahu apa aja yang bakalan dipelajarin nanti, alangkah baiknya kita juga perlu tahu AIJ itu apa. Kita mulai cari tahu dulu emang arti dari administrasi itu sendiri apa?? Kalau saya kutip dari Wikipedia arti dari administrasi ” Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. “ Simpelnya administrasi itu adalah proses kerjasama untuk mencapai  tujuan.Lalu  ada pula ...

VLAN Membership

Untuk memberi identitas sebuah VLAN digunakan nomor identitas VLAN yang dinamakan VLAN ID. Digunakan untuk menandai VLAN yang terkait. Dua range VLAN ID adalah: a. Normal Range VLAN (1 – 1005) Digunakan untuk jaringan skala kecil dan menengah. Nomor ID 1002 s.d. 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN. ID 1, 1002 – 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan. Konfigurasi disimpan di dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat. file ini disimpan dalam memori flash milkik switch. VLAN trunking protocol (VTP), yang membantu manajemen VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database VLAN. b. Extended Range VLANs (1006 – 4094) Memungkinkan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak. Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal.Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingakn VLAN normal range. Disimpan dalam NVRAM (file running co...

Materi Pembelajaran II Jenis, Karakter Dan Sumber Data

1. Pengertian Data Data dalam program aplikasi pegolah angka merupakan informasi baik berupa tulisan, angka, symbol, dan informasi lainnya yang memungkinkan untuk di entri kedalam program aplikasi pengolah angka, dalam hal ini Microsoft Excel. 2. Jenis –Jenis Data    Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat. a. Data Angka (numeric) Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000). b. Data Teks/Label Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-z), kemudian bias diikuti karakter selain data angka dan alpha numeric (gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan. c.  Data Tanggal ...

buatlah peta minda sederhana

Pada judul postingan kali ini, kita mencoba untuk membuat petaminda sederhana tapi sebelumnya bagi yg belum memahami konsep dan dasar petaminda silah bisa baca dibawah ini Sekilas penjelasannya Peta Minda bisa diartikan sebagai peta pikiran atau peta konsep. Dalam istilah asing, peta minda ini adalah Mind Map atau Mind Mapping. Peta Minda adalah peta khusus yang berisi info grafis mengenai keterkaitan antara kosep-konsep atau pikiran-pikiran yang terhubung membentuk suatu proporsi. Pembahasan Peta Minda ini sederhananya adalah memvisualisasikan pikiran (ide atau gagasan) supaya lebih teratur sehingga ide-ide atau gagasan lain bisa digali lebih dalam lagi. Jika yang dikehendaki untuk dibuat adalah peta minda mengenai liburan keluarga maka peta tersebut haruslah memuat unsur-unsur seperti: Anggota keluarga yang ikutt Tujuan atau destinasi liburan, rinci satu-satu. Perlengkapan yang harus dibawa. Aktivitas apa saja yang hendak dilakukan di sana ...

MATERI 3.2-4.2 SISKOMDIG PETA MINDA

Budayakanlah membaca dari sekarang......  Peta Minda Alokasi Waktu           6 x 40 menit ( 2 x Pertemuan ) Kompetensi Dasar    :  3.2.Menerapkan metode peta minda 4.2.Membuat Peta Minda Aplikasi Yang Harus kita persiapkan diantaranya Z-Mind ( Android ) FreeMind for Windows XMind berkolaborasi dengan kawan yang berada di sekolah lain menggunakan  www.mindmup.com. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda (peta minda). Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi dalam sel-sel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu kita untuk memahami suatu hal yang komplekss, cukup dengan satu gambar. Sifatnya yang divergen, ...
Back to top