Skip to main content

Technology Jobs

Pengesahan 81 Skema Sertifikasi Kualifikasi Level Il dan Level IlI untuk LSP P1 SMK

Jakarta, Sekolah Menengah Kejuruan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu Untuk menjamin kualitas kompetensi lulusan SMK sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri, perlu adanya sistem sertifikasi yang diakui oleh dunia usaha/dunia industri dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.
Pengembangan sistem sertifikasi di dunia pendidikan khususnya di SMK merupakan keniscayaan yang harus dilakukan karena hal tersebut menjadi amanat regulasi baik regulasi terkait pendidikan ataupun ketenagakerjaan Pemberian sertifikat kompetensi selain sebagai bentuk pengakuan atas capaian kompetensi peserta didik juga merupakan salah satu bentuk quality assurance atas output dunia pendidikan yang disiapkan untuk memasuki dunia kerja Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan tugas diantaranya untuk meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK bersama BNSP. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan akses sertifikasi kompetensi bagi peserta didik SMK melalui pembentukan Lembaga Sertikasi Profesi Pihak pertama (LSP P1) SMK dan mengembangkan infrastruktur sertifikasinya.
Sampai dengan bulan Maret 2019, 861 LSP P1 SMK telah mendapatkan lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dari jumlah tersebut, telah ditetapkan jumlah jejaring kerja LSP P1 SMK sebanyak 4.773 SMK yang mampu memberikan akses sertifikasi sekurang-kurangnya bagi 1.174.764 siswa SMK.
Untuk meningkatkan akses sertifikasi kompetensi bagi peserta didik SMK, maka Kemendikbud berupaya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur sertifikasi kompetensi di SMK antara lain dengan mengembangkan Skema Sertifikasi KKNI Level Il yang dapat digunakan oleh LSP P1 SMK. Kerja sama antara Kemendikbud dan BNSP untuk menyusun skema sertifikasi telah dilakukan sejak tahun 2015 dimana terdapat 64 skema sertifikasi yang telah digunakan oleh LSP P1 SMK. Skema sertifikasi merupakan pengemasan paket kompetensi dan persyaratan lain yang berkaitan dengan kategori jabatan dan keterampilan tertentu.
Kemendikbud dan BNSP juga telah menyelesaikan 81 skema sertifikasi, dimana 78 skema sertifikasi diantaranya merupakan skema baru, sementara itu 3 skema sertifikasi lainnya merupakan skema pembaharuan. Pada hari ini tanggal 18 April 2019 dilaksanakan acara pengesahan 81 skema sertifikasi untuk LSP P1 SMK. Dengan disahkannya 81 skema sertifikasi tersebut, maka infrastruktur sertifikasi kompetensi bagi LSP P1 SMK bertambah menjadi 142 skema sertifikasi kompetensi. Skema yang baru tersebut dapat segara digunakan oleh SMK pendirian LSP P1 SMK ataupun penambahan ruang lingkup LSP P1 SMK. Dengan semakin meningkatnya akses sertifikasi melalui LSP P1 SMK diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas SMK untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing.
Sumber: Direktorat Pembinaan SMK
LAMPIRAN :
KKNI II Agribisnis Ikan Hias
KKNI II Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan KKNI II Agribisnis Perikanan Air Tawar KKNI II Aircraft Electricity KKNI II Aircraft Machining KKNI II Aircraft Sheet Metal Forming KKNI II Airframe Mechanic KKNI II Airframe Powerplant KKNI II Akuntansi dan Keuangan Lembaga KKNI II Analisis Pengujian Laboratorium KKNI II Aviation Electronics KKNI II Bisnis Daring dan Pemasaran KKNI II Desain dan Rancang Bangun Kapal KKNI II Desain Grafika KKNI II Electrical Avionics KKNI II Interior Kapal KKNI II Kimia Industri KKNI II Kimia Tekstil KKNI II Konstruksi Kapal Non Baja KKNI II Kriya Kreatif Kayu dan Rotan KKNI II Lanskap dan Pertamanan KKNI II Pengawasan Mutu Hasil Pertanian KKNI II Perbankan dan Keuangan Mikro KKNI II Perbankan Syariah KKNI II Produksi Grafika KKNI II Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan KKNI II Seni Lukis KKNI II Seni Patung KKNI II Tata Artistik Teater KKNI II Tata Boga KKNI II Tata Busana KKNI II Teknik Alat Berat KKNI II Teknik Bodi Otomotif KKNI II Teknik Energi Biomassa KKNI II Teknik Instrumentasi Logam KKNI II Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan KKNI II Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi KKNI II Teknik Jaringan Tenaga Listrik KKNI II Teknik Kelistrikan Kapal KKNI II Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan KKNI II Teknik Konstruksi Kapal Baja KKNI II Teknik Logistik KKNI II Teknik Pembangkit Tenaga Listrik KKNI II Teknik Pemesinan Kapal KKNI II Teknik Pemintalan Serat Buatan KKNI II Teknik Pengecoran Logam KKNI II Teknik Pengelasan Kapal KKNI II Teknik Pengendalian Produksi KKNI II Teknik Pengolahan Migas Dan Petrokimia KKNI II Teknik Perancangan Gambar Mesin KKNI II Teknik Produksi Hasil Hutan KKNI II Teknik Surya, Hidro dan Angin KKNI II Teknik Transmisi Telekomunikasi KKNI III Agribisnis Organik Ekologi KKNI III Agroindustri KKNI III Desain Fesyen KKNI III Desain Interior dan Teknik Furnitur KKNI III Geologi Pertambangan KKNI III Industri Perikanan Laut KKNI III Industri Peternakan KKNI III Informasi Geospasial KKNI III Instrumentasi dan Otomatisasi Proses KKNI III Instrumentasi Medik KKNI III Kimia Analisis KKNI III Otomatisasi Pertanian KKNI III Penataan Karawitan KKNI III Penataan Tari KKNI III Produksi dan Pengelolaan Perkebunan KKNI III Produksi Film dan Program Televisi KKNI III Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi KKNI III SPA & Beauty Therapy KKNI III Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif KKNI III Teknik Elektronika Daya Dan Komunikasi KKNI III Teknik Fabrikasi dan Manufaktur Logam KKNI III Teknik Pembuatan Benang KKNI III Teknik Pembuatan Kain KKNI III Teknik Penyempurnaan Tekstil KKNI III Teknik Tenaga Listrik KKNI III Wisata Bahari dan Ekowisata Pemeranan (Okupasi Nasional) Seni Pedalangan (Okupasi Nasional)

Comments

Post a Comment

Yang Sering Dibuka oleh Pengunjung 1 Bulan Ini

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) Komunikasi Dalam Jaringan  Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun  yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, ...

4.10. Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Pembelajaran SIMDIG Semester 2 KD. 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. Selain itu komunikasi juga adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal (lisan dan tulisan) atau nonverbal (sentuhan dan gerak tubuh). Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena k...

3.9. Menerapkan teknik penelusuran Search Engine

Pembelajaran Komptensi Dasar 3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine Pada pertemuan kali ini kita akan membahas Menerapkan teknik penelusuran Search Engine yu.. kita bahas selengkapnya. A.  Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu Menjelaskan komponen mesin penelusur. Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi. Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarianinformasi. Melakukan penelusuran lanjutan. 1.  Uraian Materi Mesin Pencari Web  Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: websearch engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupunnews group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam be...

PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

PENGERTIAN Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi. Tidak terkecuali pada bidang perkantoran, informasi – informasi yang ada telah diolah menggunakan aplikasi khusus perkantoran atau biasa disebut office suite (aplikasi perkantoran). Aplikasi yang biasa digunakan dalam perkantoran terdiri dari Pengolah Kata, Pengolah Angka, Aplikasi Presentasi. Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office. Paket Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word (Pengolah Kata), Microsoft Excel (Pengolah Angka), dan Power Point (Aplikasi Presentasi). Microsoft Office memiliki beberapa versi, saat ini versi yang banyak digunakan adalah versi Microsoft Office 2010. Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah ...

Download Aplikasi Sekolah Lengkap Tahun 2019

Bagi  Bapak / Ibu Bapak Guru yang ingin memiliki aplikasi pendidikan versi lengkap ini, bisa di download pada link-link di bawah ini: Download Aplikasi Buku Induk Siswa SMP Download  Aplikasi Buku Induk Siswa SD Download   Aplikasi Buku Tabungan Siswa Download Aplikasi SKP Untuk Personal Guru PNS Download Aplikasi Penilaian KTSP Untuk SD dan MI Download Aplikasi Penilaian K13 Untuk SD dan MI Download Aplikasi Raport Madrasah Ibtidaiyah Download Gratis Aplikasi Kelola Dana BOS Download Aplikasi Cetak SK Yayasan Untuk Guru swasta Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa PAUD TK RA Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SMP MTs Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SD MI Format Excel Download Update Aplikasi Buku Kas Umum Sekolah Download Gratis Download Aplikasi atau Software Surat Menyurat Gratis Download Aplikasi Cetak Rekap Nilai Siswa UTS UAS dan Raport Download Aplikasi Perpusakaan Sekolah Ex...

Apa Itu Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan

AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) mungkin bagi  yang baru naik kelas 11 khususnya jurusan TKJ baru mendengar mapel produktif ini.Ketika cek jadwal pelajaran tahun ajaran baru, pasti bakalan nemu kata ini  dijadwal.Lalu mulai terbesit didalam pikiran “Lah emang apa aja yang bakal dipelajarin di mapel ini ?? Jangan-jangan cuman sekedar ngukur kabel doang “.Dan akhirnya kita pun mulai inisiatif mencari tahu ke Mastah Google. Nah sebelum kita mencari tahu apa aja yang bakalan dipelajarin nanti, alangkah baiknya kita juga perlu tahu AIJ itu apa. Kita mulai cari tahu dulu emang arti dari administrasi itu sendiri apa?? Kalau saya kutip dari Wikipedia arti dari administrasi ” Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. “ Simpelnya administrasi itu adalah proses kerjasama untuk mencapai  tujuan.Lalu  ada pula ...

VLAN Membership

Untuk memberi identitas sebuah VLAN digunakan nomor identitas VLAN yang dinamakan VLAN ID. Digunakan untuk menandai VLAN yang terkait. Dua range VLAN ID adalah: a. Normal Range VLAN (1 – 1005) Digunakan untuk jaringan skala kecil dan menengah. Nomor ID 1002 s.d. 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN. ID 1, 1002 – 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan. Konfigurasi disimpan di dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat. file ini disimpan dalam memori flash milkik switch. VLAN trunking protocol (VTP), yang membantu manajemen VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database VLAN. b. Extended Range VLANs (1006 – 4094) Memungkinkan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak. Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal.Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingakn VLAN normal range. Disimpan dalam NVRAM (file running co...

Materi Pembelajaran II Jenis, Karakter Dan Sumber Data

1. Pengertian Data Data dalam program aplikasi pegolah angka merupakan informasi baik berupa tulisan, angka, symbol, dan informasi lainnya yang memungkinkan untuk di entri kedalam program aplikasi pengolah angka, dalam hal ini Microsoft Excel. 2. Jenis –Jenis Data    Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat. a. Data Angka (numeric) Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000). b. Data Teks/Label Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-z), kemudian bias diikuti karakter selain data angka dan alpha numeric (gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan. c.  Data Tanggal ...

buatlah peta minda sederhana

Pada judul postingan kali ini, kita mencoba untuk membuat petaminda sederhana tapi sebelumnya bagi yg belum memahami konsep dan dasar petaminda silah bisa baca dibawah ini Sekilas penjelasannya Peta Minda bisa diartikan sebagai peta pikiran atau peta konsep. Dalam istilah asing, peta minda ini adalah Mind Map atau Mind Mapping. Peta Minda adalah peta khusus yang berisi info grafis mengenai keterkaitan antara kosep-konsep atau pikiran-pikiran yang terhubung membentuk suatu proporsi. Pembahasan Peta Minda ini sederhananya adalah memvisualisasikan pikiran (ide atau gagasan) supaya lebih teratur sehingga ide-ide atau gagasan lain bisa digali lebih dalam lagi. Jika yang dikehendaki untuk dibuat adalah peta minda mengenai liburan keluarga maka peta tersebut haruslah memuat unsur-unsur seperti: Anggota keluarga yang ikutt Tujuan atau destinasi liburan, rinci satu-satu. Perlengkapan yang harus dibawa. Aktivitas apa saja yang hendak dilakukan di sana ...

MATERI 3.2-4.2 SISKOMDIG PETA MINDA

Budayakanlah membaca dari sekarang......  Peta Minda Alokasi Waktu           6 x 40 menit ( 2 x Pertemuan ) Kompetensi Dasar    :  3.2.Menerapkan metode peta minda 4.2.Membuat Peta Minda Aplikasi Yang Harus kita persiapkan diantaranya Z-Mind ( Android ) FreeMind for Windows XMind berkolaborasi dengan kawan yang berada di sekolah lain menggunakan  www.mindmup.com. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda (peta minda). Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi dalam sel-sel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu kita untuk memahami suatu hal yang komplekss, cukup dengan satu gambar. Sifatnya yang divergen, ...
Back to top