Skip to main content

Technology Jobs

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2019-2020

Asalamualikum wbrb, pada postingan kali ini banyak sekali via japri kepada tugas sekolah 86 untuk bisa berbagi Tugas Sekolah untuk para guru utnuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan demikian Bapak/Ibu guru yang mempunyai tugas sebagai guru Bahasa Indonesia khususnya kelas 7 SMP silahkan Bapak / Ibu bisa donwload contoh RPP Semester 1 dan 2 mudah-mudahan bisa bermanfaat terimakasih


Contoh RPP bisa dilihat dibawah ini


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas / Semester    : VII/1
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu       : 10 JP


A. KOMPETENSI INTI
K1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya 

k2. Menghargai dan menghayati prilaku Jujur, disiplin tanggung Jawab, Peduli (toleransi,gotong royong,) santun percaya diri dalam berintraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya

KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   Kompetensi  Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Indikator
3.1.1   Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2   Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3   Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

Kompetensi Dasar
4.1    Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
4.1.1   Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2   Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi

c.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini di harapkan peserta didik dapat :
·         Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
·         Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
·         Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
·         Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
·         Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi

D.   Materi Pembelajaran
1.   Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Pengertian teks deskripsi
·         Jenis teks deskripsi
·         Tujuan komunikasi teks deskripsi
·         Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi
·         Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·         Praktik menentukan pola pengembangan isi teks

2.   Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks deskripsi
·         Jenis teks deskripsi
·         Tujuan komunikasi teks deskripsi
·         Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi
·         Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·         Praktik menentukan pola pengembangan isi teks

3.   Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks deskripsi
·         Jenis teks deskripsi
·         Tujuan komunikasi teks deskripsi
·         Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi
·         Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·         Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

E.   METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan   :  Scientific
·         Metode         :  Inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.

F.    Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
·         Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
·         Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
·         Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
·         Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2



2.   Kegiatan Inti
Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan Pertama (6 JP)
·         Membaca berbagai contoh teks deskripsi
·         Menanya tentang ciri teks deskripsi dan jenis teks deskripsi
Menggali informasi
·         Mendaftar informasi terkait ciri tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
·         Membaca berbagai teori dari berbagai sumber termasuk pada buku siswa
Menalar
·         Mendiskusikan ciri umum teks deskripsi
·         Menyimpulkan ciri teks deskripsi dan jenis teks
Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi

Pertemuan kedua ( 4 JP)
·         Mengamati judul teks
·         Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
Menggali informasi
·         Membaca beberapa teks deskripsi
Menalar
·         Mendiskusikan isi teks
·         Memetakan isi teks
·         Membandingkan isi beberapa teks
·         Menyimpulkan cara memahami isi teks
Mengomunikasikan
·         Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami isi teks

3.   Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
·         Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
·         Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

G.   PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1.   Penilaian Pengetahuan
Teknik                 :   Tes tulis
Bentuk                :   Pilihan ganda
Indikator Soal     :   Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku

Lingkarilah pada jawaban yang tepat!!
1)          Objek teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.
1.      umum     2. khusus             3. pribadi              4. luas
2)          Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….
1.      nama ayahku
2.      kehidupan ayah yang mengerikan
3.      sifat ayah yang pendiam
4.      sosok ayahku
3)          Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah
1.      ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
2.      nama, wajahnya, orang Batak
3.      rambutnya, dagunya, jenggotnya
4.      sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam
4)          Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari
1.      manfaat teks deskripsi
2.      tujuan teks deskripsi
3.      objek teks deskripsi
4.      isi teks deskripsi
5)          Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….
1.      manfaat teks deskripsi
2.      tujuan teks deskripsi
3.      objek teks deskripsi
4.      isi teks deskripsi
6)          Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,  dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….
1.      manfaat teks deskripsi
2.      tujuan teks deskripsi
3.      objek teks deskripsi
4.      isi teks deskripsi
7)          Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain.
1.      berdiri sendiri sebagai teks
2.      berupa paragrap
3.      berupa kalimat
4.      berupa buku

8)          Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
1.      seakan dapat dilihat
2.      seakan dapat didengar
3.      seakan dapat dirasakan
4.      seakan dapat diraba
9)          Teks deskripsi menggunakan majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas adalah ….
1.      Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
2.      Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.
3.      Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
4.      Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
10)      Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
1.      Menggunakan kata-kata umum
2.      Menggunakan kalimat rincian
3.      Menggunakan kata sinonim
4.      Menggunakan majas

2.   Penilaian Keterampilan
Teknik                 :   Produk
Instrumen            :  
Tugas                   :  
·         Memetakan pengembangan isi
·         Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·         Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
Rubrik penilaian dan penskoran: terlampir

3.   Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.   Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

H.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1)   Media/Alat/Bahan Pembelajaran
-       buku, infokus
-       teks deskripsi
2)   Sumber Belajar
-       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
-       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas



Untuk Lebih Lengkapnya Silahkan Bapak/Ibu untuk langung download disini

x

Comments

Yang Sering Dibuka oleh Pengunjung 1 Bulan Ini

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) Komunikasi Dalam Jaringan  Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun  yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, ...

4.10. Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Pembelajaran SIMDIG Semester 2 KD. 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. Selain itu komunikasi juga adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal (lisan dan tulisan) atau nonverbal (sentuhan dan gerak tubuh). Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena k...

3.9. Menerapkan teknik penelusuran Search Engine

Pembelajaran Komptensi Dasar 3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine Pada pertemuan kali ini kita akan membahas Menerapkan teknik penelusuran Search Engine yu.. kita bahas selengkapnya. A.  Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu Menjelaskan komponen mesin penelusur. Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi. Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarianinformasi. Melakukan penelusuran lanjutan. 1.  Uraian Materi Mesin Pencari Web  Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: websearch engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupunnews group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam be...

PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

PENGERTIAN Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi. Tidak terkecuali pada bidang perkantoran, informasi – informasi yang ada telah diolah menggunakan aplikasi khusus perkantoran atau biasa disebut office suite (aplikasi perkantoran). Aplikasi yang biasa digunakan dalam perkantoran terdiri dari Pengolah Kata, Pengolah Angka, Aplikasi Presentasi. Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office. Paket Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word (Pengolah Kata), Microsoft Excel (Pengolah Angka), dan Power Point (Aplikasi Presentasi). Microsoft Office memiliki beberapa versi, saat ini versi yang banyak digunakan adalah versi Microsoft Office 2010. Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah ...

Download Aplikasi Sekolah Lengkap Tahun 2019

Bagi  Bapak / Ibu Bapak Guru yang ingin memiliki aplikasi pendidikan versi lengkap ini, bisa di download pada link-link di bawah ini: Download Aplikasi Buku Induk Siswa SMP Download  Aplikasi Buku Induk Siswa SD Download   Aplikasi Buku Tabungan Siswa Download Aplikasi SKP Untuk Personal Guru PNS Download Aplikasi Penilaian KTSP Untuk SD dan MI Download Aplikasi Penilaian K13 Untuk SD dan MI Download Aplikasi Raport Madrasah Ibtidaiyah Download Gratis Aplikasi Kelola Dana BOS Download Aplikasi Cetak SK Yayasan Untuk Guru swasta Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa PAUD TK RA Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SMP MTs Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SD MI Format Excel Download Update Aplikasi Buku Kas Umum Sekolah Download Gratis Download Aplikasi atau Software Surat Menyurat Gratis Download Aplikasi Cetak Rekap Nilai Siswa UTS UAS dan Raport Download Aplikasi Perpusakaan Sekolah Ex...

Apa Itu Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan

AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) mungkin bagi  yang baru naik kelas 11 khususnya jurusan TKJ baru mendengar mapel produktif ini.Ketika cek jadwal pelajaran tahun ajaran baru, pasti bakalan nemu kata ini  dijadwal.Lalu mulai terbesit didalam pikiran “Lah emang apa aja yang bakal dipelajarin di mapel ini ?? Jangan-jangan cuman sekedar ngukur kabel doang “.Dan akhirnya kita pun mulai inisiatif mencari tahu ke Mastah Google. Nah sebelum kita mencari tahu apa aja yang bakalan dipelajarin nanti, alangkah baiknya kita juga perlu tahu AIJ itu apa. Kita mulai cari tahu dulu emang arti dari administrasi itu sendiri apa?? Kalau saya kutip dari Wikipedia arti dari administrasi ” Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. “ Simpelnya administrasi itu adalah proses kerjasama untuk mencapai  tujuan.Lalu  ada pula ...

VLAN Membership

Untuk memberi identitas sebuah VLAN digunakan nomor identitas VLAN yang dinamakan VLAN ID. Digunakan untuk menandai VLAN yang terkait. Dua range VLAN ID adalah: a. Normal Range VLAN (1 – 1005) Digunakan untuk jaringan skala kecil dan menengah. Nomor ID 1002 s.d. 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN. ID 1, 1002 – 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan. Konfigurasi disimpan di dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat. file ini disimpan dalam memori flash milkik switch. VLAN trunking protocol (VTP), yang membantu manajemen VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database VLAN. b. Extended Range VLANs (1006 – 4094) Memungkinkan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak. Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal.Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingakn VLAN normal range. Disimpan dalam NVRAM (file running co...

Materi Pembelajaran II Jenis, Karakter Dan Sumber Data

1. Pengertian Data Data dalam program aplikasi pegolah angka merupakan informasi baik berupa tulisan, angka, symbol, dan informasi lainnya yang memungkinkan untuk di entri kedalam program aplikasi pengolah angka, dalam hal ini Microsoft Excel. 2. Jenis –Jenis Data    Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat. a. Data Angka (numeric) Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000). b. Data Teks/Label Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-z), kemudian bias diikuti karakter selain data angka dan alpha numeric (gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan. c.  Data Tanggal ...

buatlah peta minda sederhana

Pada judul postingan kali ini, kita mencoba untuk membuat petaminda sederhana tapi sebelumnya bagi yg belum memahami konsep dan dasar petaminda silah bisa baca dibawah ini Sekilas penjelasannya Peta Minda bisa diartikan sebagai peta pikiran atau peta konsep. Dalam istilah asing, peta minda ini adalah Mind Map atau Mind Mapping. Peta Minda adalah peta khusus yang berisi info grafis mengenai keterkaitan antara kosep-konsep atau pikiran-pikiran yang terhubung membentuk suatu proporsi. Pembahasan Peta Minda ini sederhananya adalah memvisualisasikan pikiran (ide atau gagasan) supaya lebih teratur sehingga ide-ide atau gagasan lain bisa digali lebih dalam lagi. Jika yang dikehendaki untuk dibuat adalah peta minda mengenai liburan keluarga maka peta tersebut haruslah memuat unsur-unsur seperti: Anggota keluarga yang ikutt Tujuan atau destinasi liburan, rinci satu-satu. Perlengkapan yang harus dibawa. Aktivitas apa saja yang hendak dilakukan di sana ...

MATERI 3.2-4.2 SISKOMDIG PETA MINDA

Budayakanlah membaca dari sekarang......  Peta Minda Alokasi Waktu           6 x 40 menit ( 2 x Pertemuan ) Kompetensi Dasar    :  3.2.Menerapkan metode peta minda 4.2.Membuat Peta Minda Aplikasi Yang Harus kita persiapkan diantaranya Z-Mind ( Android ) FreeMind for Windows XMind berkolaborasi dengan kawan yang berada di sekolah lain menggunakan  www.mindmup.com. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda (peta minda). Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi dalam sel-sel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu kita untuk memahami suatu hal yang komplekss, cukup dengan satu gambar. Sifatnya yang divergen, ...
Back to top