Asalamualikum wbrb, pada postingan kali ini banyak sekali via japri kepada tugas sekolah 86 untuk bisa berbagi Tugas Sekolah untuk para guru utnuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan demikian Bapak/Ibu guru yang mempunyai tugas sebagai guru Bahasa Indonesia khususnya kelas 7 SMP silahkan Bapak / Ibu bisa donwload contoh RPP Semester 1 dan 2 mudah-mudahan bisa bermanfaat terimakasih
Contoh RPP bisa dilihat dibawah ini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas / Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 10 JP
A. KOMPETENSI INTI
K1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya
k2. Menghargai dan menghayati prilaku Jujur, disiplin tanggung Jawab, Peduli (toleransi,gotong royong,) santun percaya diri dalam berintraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya
KI
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Indikator
3.1.1 Menentukan
ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
3.1.2 Menentukan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3 Menentukan
jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Kompetensi
Dasar
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang
didengar dan dibaca.
Indikator
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
c. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini di
harapkan peserta didik dapat :
·
Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
·
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
·
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
·
Memetakan isi teks
deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
·
Menjawab pertanyaan isi
teks deskripsi
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
Reguler
Pengetahuan
·
Pengertian teks deskripsi
·
Jenis teks deskripsi
·
Tujuan komunikasi teks
deskripsi
·
Pola pengembangan isi pada teks
deskripsi
Keterampilan
·
Memetakan pengembangan isi
·
Praktik memahami isi teks
deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi
rincian
·
Praktik menentukan pola
pengembangan isi teks
2. Materi Pembelajaran
Remedial
Pengetahuan
·
Pengertian teks deskripsi
·
Jenis teks deskripsi
·
Tujuan komunikasi teks
deskripsi
·
Pola pengembangan isi pada teks
deskripsi
Keterampilan
·
Memetakan pengembangan isi
·
Praktik memahami isi teks
deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi
rincian
·
Praktik menentukan pola
pengembangan isi teks
3. Materi Pembelajaran
Pengayaan
Pengetahuan
·
Pengertian teks deskripsi
·
Jenis teks deskripsi
·
Tujuan komunikasi teks
deskripsi
·
Pola pengembangan isi pada teks
deskripsi
Keterampilan
·
Memetakan pengembangan isi
·
Praktik memahami isi teks
deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi
rincian
·
Praktik menentukan pola pengembangan
isi teks
Sikap
utama yang ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan
kerjasama, proaktif, dan kreatif.
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Scientific
·
Metode : Inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan
presentasi.
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam, berdo’a,
mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
·
Siswa menerima informasi
tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Guru bertanya-jawab tentang
bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa
disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah
perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar
siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat.
Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan
atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
·
Dibuka dengan contoh teks
deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
·
Bertanya jawab tentang kata
kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
·
Mengungkapkan kompetensi dasar
dan indikator yang akan dicapai.
·
Membangun konteks untuk
menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
2. Kegiatan Inti
Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan Pertama (6 JP)
·
Membaca berbagai contoh teks
deskripsi
·
Menanya tentang ciri teks
deskripsi dan jenis teks deskripsi
Menggali
informasi
·
Mendaftar informasi terkait ciri
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
·
Membaca berbagai teori dari
berbagai sumber termasuk pada buku siswa
Menalar
·
Mendiskusikan ciri umum teks
deskripsi
·
Menyimpulkan ciri teks
deskripsi dan jenis teks
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
Pertemuan kedua ( 4 JP)
·
Mengamati judul teks
·
Menanya
apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
Menggali
informasi
·
Membaca beberapa teks deskripsi
Menalar
·
Mendiskusikan isi teks
·
Memetakan isi teks
·
Membandingkan isi beberapa teks
·
Menyimpulkan cara memahami isi
teks
Mengomunikasikan
·
Menyajikan hasil pemahaman isi
teks dan cara memahami isi teks
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama guru menyimpulkan
butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·
Siswa bersama guru melakukan
indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksnakan.
·
Siswa menerima umpan balik
tentang proses pembelajaran.
·
Mewajibkan siswa untuk membaca
buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan
siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat
baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
·
Siswa menerima penyampaian
tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
G. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis
Bentuk : Pilihan ganda
Indikator Soal : Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Lingkarilah pada jawaban
yang tepat!!
1)
Objek
teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.
1. umum 2. khusus
3.
pribadi
4. luas
2)
Objek/Hal
yang Dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….
1.
nama ayahku
2.
kehidupan ayah yang mengerikan
3.
sifat ayah yang pendiam
4.
sosok ayahku
3)
Rincian
teks “Ayah, Panutanku” adalah
1.
ciri fisik, sifat sabar
ayahku, memberi teladan
2.
nama, wajahnya, orang Batak
3.
rambutnya, dagunya, jenggotnya
4.
sabar, tidak pernah membentak,
sangat pendiam
4)
Hal yang menggambarkan objek
dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari
sudut pandang penulis, merupakan … dari
1.
manfaat teks deskripsi
2.
tujuan teks deskripsi
3.
objek teks deskripsi
4.
isi teks deskripsi
5)
Objek yang dibicarakan pada
teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan
objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan
ciri ….
1.
manfaat teks deskripsi
2.
tujuan teks deskripsi
3.
objek teks deskripsi
4.
isi teks deskripsi
6)
Teks yang diperinci menjadi
perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret, dan
bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….
1.
manfaat teks deskripsi
2.
tujuan teks deskripsi
3.
objek teks deskripsi
4.
isi teks deskripsi
7)
Ditinjau dari bentuknya teks
deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks
deskripsi yang menjadi bagian teks lain.
1.
berdiri sendiri sebagai teks
2.
berupa paragrap
3.
berupa kalimat
4.
berupa buku
8) Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
1.
seakan dapat dilihat
2.
seakan dapat didengar
3.
seakan dapat dirasakan
4.
seakan dapat diraba
9)
Teks deskripsi menggunakan
majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas
adalah ….
1.
Ayah
berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
2.
Meskipun
kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.
3.
Beliau
selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
4.
Bagai
air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
10)
Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa,
kecuali ….
1. Menggunakan kata-kata umum
2. Menggunakan kalimat rincian
3. Menggunakan kata sinonim
4. Menggunakan majas
2. Penilaian Keterampilan
Teknik : Produk
Instrumen :
Tugas :
·
Memetakan
pengembangan isi
·
Praktik
memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa
saja informasi rincian
·
Praktik menentukan pola
pengembangan isi teks
Rubrik penilaian dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan
pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan,
belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan
kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi
waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran
pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu,
sarana dan media pembelajaran.
H. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1) Media/Alat/Bahan Pembelajaran
-
buku,
infokus
-
teks
deskripsi
2) Sumber Belajar
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs.
Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku
Guru Bahasa Indonesia
SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas
Untuk Lebih Lengkapnya Silahkan Bapak/Ibu untuk langung download disini
x
Comments
Post a Comment