Skip to main content

Technology Jobs

RPP Komputer Akuntansi Kelas X Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                     : SMK PERBANKAN SYARIAH
Mata pelajaran                          : KomputerisasiAkuntansi (C3)
Kelas/Semester                         : X / 1
Materi Pembelajaran                 : Menyiapkan Data Awal
Alokasi Waktu                          : 6 Pertemuan ( 3 x 45 menit )

A.      Kompetensi Inti (KI)
   1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
   3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose-dural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
        1.       
1.1.    Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
1.2.    Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan.
2.
2.1.    Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3.    Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
3
3.1.    Menjelaskan konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.

3.2.    Mendeskripsikan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
3.1.1. Mengidentifikasi SpesifikasiKomputer yang diperlukan dalam menginstal Program Aplikasi Komputer

3.1.2. Mengidentifikasi Jenis-Jenis Program Komputerisasi Akuntansi


3.2.1 memahami Proses Pembuatan File data akuntansi baru untuk perusahaan jasa

3.2.2. Dapat mengecek Informasi perusahaan
4
4.1.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1.1.      Menginstal program aplikasi komputerakuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.
4.1.2.      Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3.      Dapat mengecek Informasi Perusahaan

C.       Deskripsi Materi Pembelajaran
Lingkup uraian materi pada kegiatan belajar 1 ini meliputi:
1.  Instalasi Program MYOB
2.  Menu Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
3.  Penyesuaian Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
4.  Pembuatan File Data Baru
5.  Pengecekan Informasi Perusahaan

D.      Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan
1.        Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2.        Peserta didik dan pendidik melakukan curah pendapat tentang program Aplikasi Komputerisasi Akuntansi
3.        Pendidik menyampaikan  tujuan pembelajaran.Peserta didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.

2.        Kegiatan Inti
1.      Mengamati
·   Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok yaitu tentang instalsi program MYOB, cara merubah format tanggal sertacara pembuatan file baru dan informasi perusahaan
·   Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

2.      Menanya
merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah terkait dengan materi pokok baik itu tentang kendala

3.      Mengeskplorasi
·   Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok

4.      Mencoba
·   Mempraktekkan langkah-langkah pemecahan masalah didasarkan pada solusi yang ditentukan
·   Memilih alternatif pemecahan masalah lainnya

5.      Menyimpulkan
·   Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
·   Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya

3.        Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik membuat rangkuman.
2.      Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3.      Peserta didik mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan Selanjutnya
4.      Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
E.       Penilaian
1.    Teknik penilaian (terlampir)
2.    Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)

F.        Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media                        :  Persentasi bahan Ajar
2. Alat                            :  Laptop dan LCD
3. Sumber Belajar   :
a)      Buku Siswa Komputer Akuntansi Kelas XI Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  Republik Indonesia, 2013
b)      Buku Guru Komputer Akuntansi Kelas XI Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  Republik Indonesia, 2013


Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian : pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
·     Terlibat aktif dalam pembelajaran tentang konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, mendiskripsikan  proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
·      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
·     Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
·     Menjelaskan kembali konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih dan mendiskripsikan  proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa

Pengamatan dan tes tertulis

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
·     Mampu mengevaluasi tentang konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, dapat membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa serta dapat mengecek informasi perusahaan

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


J.       Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Terlampir
Tes tertulis

Mata Pelajaran            :  Komputer Akuntansi
Kelas/Semester            :  X / 1
Tahun Pelajaran           :  2014/2015
Kompetensi dasar     : 

3.1.             Menjelaskan konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.

3.2.            Mendeskripsikan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa

4.1              Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.


Indikator                    : 

1. Unsur-unsur  yang  saling  mempengaruhi  dalam  sistem  komputerisasi akuntansi:
a.  Softwares, Hardwares, Program Applications, Inputs dan Outputs.
b.  Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c.  Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan Outputs.
d.  Input, Hardwares, Softwares, Process, dan Output.
e.  Hardwares, Program Aplication, inputs dan Outputs.

2.  Program MYOB termasuk kelompok:
a.  Input dan Output
b.  Hardwares
c.  Process
d.  Softwares
e.  Brainwares

3.  Format tanggal program MYOB Sejak awal adalah:
a.  YYYY/MM/DD
b.  DD/MM/YYYY
c.  MM/DD/YYYY
d.  YYYY/DD/MM
e.  MM/YYYY/DD

4.  Menu yang digunakan untuk pembuatan file data bisnis baru:
a.  Explore
b.  What’s New
c.  Open
d.  Create
e.  Exit.

5.  Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong):
a.  Serial Number
b.  Company Name
c.  Address
d.  Phone and fax number
e.  Email Address. 

6.  Yang dimaksudkan dengan Current Financial Year:
a.  Periode akuntansi yang sedang berjalan
b.  Periode akuntansi yang akan datang
c.  Periode akuntansi yang lalu
d.  Periode akuntansi selama perusahaan beraktivitas
e.  Periode akuntansi tertentu.

7.  Yang dimaksud dengan Last Month of Financial Year:
a.  Bulan awal dari periode akuntansi
b.  Bulan awal dan akhir dari periode akuntansi
c.  Bulan akhir dari periode akuntansi
d.  Akhir bulan (Desember) dari periode akuntansi
e.  Akhir bulan (Januari) dari periode akuntansi

8.  Yang dimaksud dengan Conversion Month:
a.  Bulan saat terjadinya transaksi keuangan
b.  Bulan pertama digunakan komputer akuntansi
c.  Bulan awal periode akuntansi yang berjalan
d.  Bulan akhir periode akuntansi yang berjalan
e.  Bulan pergantian periode akuntansi

9.  Jika  perusahaan  menggunakan  jumlah  periode  13  bulan,  maka  bulan  ke-13 khusus untuk:
a.  Mencatat transaksi bulan Desember
b.  Mencatat transaksi awal periode
c.  Mencatat transaksi penyesuaian (adjustment)
d.  Mencatat transaksi kesalahan
e.  Mencatat rekonsiliasi akun-akun tertentu

10.  Nama file data bisnis harus unik, artinya:
a.  Nama file harus mudah diingat
b.  Nama file harus mudah ditemukan atau dicari
c.  Nama file harus spesifik tidak ada yang menyamai
d.  Nama file harus sama digunakan berkali-kali
e.  Nama file disimpan di folder khusus  




RUBRIK PENILAIAN

No.
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
C
1
2.
D
1
3.
C
1
4.
D
1
5.
B
1
6.
A
1
7.
C
1
8.
B
1
9.
C
1
10.
C
1
Skor maksimum
10






  

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            :  Komputer Akuntansi
Kelas/Semester            :  X / 1
Tahun Pelajaran           :  2014/2015
Kompetensi dasar     :   

2.1.       Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.

2.2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.

Indikator                    :   
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran Komputerisasi Akuntansi.
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1
aktif dalam pembelajaran
sama sekali tidak ambil bagian dalampembelajaran
sudah ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
sudah ambil bagian  dalam pembelajaran  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
2
bekerjasama dalam kegiatan kelompok
sama sekali tidak berusaha untukbekerjasama dalam kegiatan kelompok
sudah bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
Sudahbekerjasama dalam kegiatan kelompoksecara terus menerus dan ajeg/konsisten
3
toleran terhadap proses pemecahan masalah
sama sekali tidak bersikap toleranterhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
sudah ttoleranterhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
Sudah toleranterhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Skor Maksimum
9


Penilaian Sikap
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Nama Siswa
Sikap
Skor
Aktif
Kerjs sama
Toleran
1
2
3
1
2
3
1
2
3
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
Dst


                                Total
Skor  =    -------------  x 10
                                    9


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran            :  Komputer Akuntansi
Kelas/Semester            :  X / 1
Tahun Pelajaran           :  2014/2015
Kompetensi dasar     :  

4.1 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Indikator                    :   

4.1.1.      Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.
4.1.2.      Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3.      Dapat mengecek Informasi Perusahaan



Buatlah file data baru menggunakan program MYOB versi18 untuk perusahaan jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 2 di Lembar Kerja Peserta Didik), dengan rincian sebagai berikut:
Instruksi:
1.        Tes ini dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan dikerjakan oleh peserta didik secara berkelompok.
2.        Pada  akhir  waktu  tes  diminta  setiap  peserta  didik  menyerahkan hasil pekerjaannya dalam bentuk file.
3.        Tugas 1, Menginstal Program MYOB 18
4.        Tugas 2. mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
5.        Tugas 3, menetukan periode akuntansi.
6.        Tugas 4, menentukan nama folder (My Documents/Data MYOB 18 dan nama file RIOD-nama peserta didik masing-masing.

Hasil Evaluasi :

Waktu Pengamatan        :
Indikator terampil : mampu Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan
1.       Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan
2.       Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan tetapi belum tepat.
3.       Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan dan sudah tepat.



Comments

Yang Sering Dibuka oleh Pengunjung 1 Bulan Ini

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

KD 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak kolaboratif daring dan KD 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) Komunikasi Dalam Jaringan  Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun  yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, ...

4.10. Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Pembelajaran SIMDIG Semester 2 KD. 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. Selain itu komunikasi juga adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal (lisan dan tulisan) atau nonverbal (sentuhan dan gerak tubuh). Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena k...

3.9. Menerapkan teknik penelusuran Search Engine

Pembelajaran Komptensi Dasar 3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine Pada pertemuan kali ini kita akan membahas Menerapkan teknik penelusuran Search Engine yu.. kita bahas selengkapnya. A.  Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu Menjelaskan komponen mesin penelusur. Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi. Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarianinformasi. Melakukan penelusuran lanjutan. 1.  Uraian Materi Mesin Pencari Web  Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: websearch engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupunnews group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam be...

PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

PENGERTIAN Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi. Tidak terkecuali pada bidang perkantoran, informasi – informasi yang ada telah diolah menggunakan aplikasi khusus perkantoran atau biasa disebut office suite (aplikasi perkantoran). Aplikasi yang biasa digunakan dalam perkantoran terdiri dari Pengolah Kata, Pengolah Angka, Aplikasi Presentasi. Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office. Paket Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word (Pengolah Kata), Microsoft Excel (Pengolah Angka), dan Power Point (Aplikasi Presentasi). Microsoft Office memiliki beberapa versi, saat ini versi yang banyak digunakan adalah versi Microsoft Office 2010. Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah ...

Download Aplikasi Sekolah Lengkap Tahun 2019

Bagi  Bapak / Ibu Bapak Guru yang ingin memiliki aplikasi pendidikan versi lengkap ini, bisa di download pada link-link di bawah ini: Download Aplikasi Buku Induk Siswa SMP Download  Aplikasi Buku Induk Siswa SD Download   Aplikasi Buku Tabungan Siswa Download Aplikasi SKP Untuk Personal Guru PNS Download Aplikasi Penilaian KTSP Untuk SD dan MI Download Aplikasi Penilaian K13 Untuk SD dan MI Download Aplikasi Raport Madrasah Ibtidaiyah Download Gratis Aplikasi Kelola Dana BOS Download Aplikasi Cetak SK Yayasan Untuk Guru swasta Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa PAUD TK RA Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SMP MTs Format Excel Download Gratis Aplikasi Buku Induk Siswa SD MI Format Excel Download Update Aplikasi Buku Kas Umum Sekolah Download Gratis Download Aplikasi atau Software Surat Menyurat Gratis Download Aplikasi Cetak Rekap Nilai Siswa UTS UAS dan Raport Download Aplikasi Perpusakaan Sekolah Ex...

Apa Itu Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan

AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) mungkin bagi  yang baru naik kelas 11 khususnya jurusan TKJ baru mendengar mapel produktif ini.Ketika cek jadwal pelajaran tahun ajaran baru, pasti bakalan nemu kata ini  dijadwal.Lalu mulai terbesit didalam pikiran “Lah emang apa aja yang bakal dipelajarin di mapel ini ?? Jangan-jangan cuman sekedar ngukur kabel doang “.Dan akhirnya kita pun mulai inisiatif mencari tahu ke Mastah Google. Nah sebelum kita mencari tahu apa aja yang bakalan dipelajarin nanti, alangkah baiknya kita juga perlu tahu AIJ itu apa. Kita mulai cari tahu dulu emang arti dari administrasi itu sendiri apa?? Kalau saya kutip dari Wikipedia arti dari administrasi ” Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. “ Simpelnya administrasi itu adalah proses kerjasama untuk mencapai  tujuan.Lalu  ada pula ...

VLAN Membership

Untuk memberi identitas sebuah VLAN digunakan nomor identitas VLAN yang dinamakan VLAN ID. Digunakan untuk menandai VLAN yang terkait. Dua range VLAN ID adalah: a. Normal Range VLAN (1 – 1005) Digunakan untuk jaringan skala kecil dan menengah. Nomor ID 1002 s.d. 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN. ID 1, 1002 – 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan. Konfigurasi disimpan di dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat. file ini disimpan dalam memori flash milkik switch. VLAN trunking protocol (VTP), yang membantu manajemen VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database VLAN. b. Extended Range VLANs (1006 – 4094) Memungkinkan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak. Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal.Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingakn VLAN normal range. Disimpan dalam NVRAM (file running co...

Materi Pembelajaran II Jenis, Karakter Dan Sumber Data

1. Pengertian Data Data dalam program aplikasi pegolah angka merupakan informasi baik berupa tulisan, angka, symbol, dan informasi lainnya yang memungkinkan untuk di entri kedalam program aplikasi pengolah angka, dalam hal ini Microsoft Excel. 2. Jenis –Jenis Data    Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat. a. Data Angka (numeric) Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000). b. Data Teks/Label Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-z), kemudian bias diikuti karakter selain data angka dan alpha numeric (gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan. c.  Data Tanggal ...

buatlah peta minda sederhana

Pada judul postingan kali ini, kita mencoba untuk membuat petaminda sederhana tapi sebelumnya bagi yg belum memahami konsep dan dasar petaminda silah bisa baca dibawah ini Sekilas penjelasannya Peta Minda bisa diartikan sebagai peta pikiran atau peta konsep. Dalam istilah asing, peta minda ini adalah Mind Map atau Mind Mapping. Peta Minda adalah peta khusus yang berisi info grafis mengenai keterkaitan antara kosep-konsep atau pikiran-pikiran yang terhubung membentuk suatu proporsi. Pembahasan Peta Minda ini sederhananya adalah memvisualisasikan pikiran (ide atau gagasan) supaya lebih teratur sehingga ide-ide atau gagasan lain bisa digali lebih dalam lagi. Jika yang dikehendaki untuk dibuat adalah peta minda mengenai liburan keluarga maka peta tersebut haruslah memuat unsur-unsur seperti: Anggota keluarga yang ikutt Tujuan atau destinasi liburan, rinci satu-satu. Perlengkapan yang harus dibawa. Aktivitas apa saja yang hendak dilakukan di sana ...

MATERI 3.2-4.2 SISKOMDIG PETA MINDA

Budayakanlah membaca dari sekarang......  Peta Minda Alokasi Waktu           6 x 40 menit ( 2 x Pertemuan ) Kompetensi Dasar    :  3.2.Menerapkan metode peta minda 4.2.Membuat Peta Minda Aplikasi Yang Harus kita persiapkan diantaranya Z-Mind ( Android ) FreeMind for Windows XMind berkolaborasi dengan kawan yang berada di sekolah lain menggunakan  www.mindmup.com. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda (peta minda). Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi dalam sel-sel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu kita untuk memahami suatu hal yang komplekss, cukup dengan satu gambar. Sifatnya yang divergen, ...
Back to top