RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMK PERBANKAN SYARIAH
Mata
pelajaran
: KomputerisasiAkuntansi (C3)
Kelas/Semester
: X / 1
Materi
Pembelajaran
: Menyiapkan Data Awal
Alokasi
Waktu
: 6 Pertemuan ( 3 x 45 menit )
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose-dural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1. Mensyukuri
karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola
administrasi keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan
ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk
menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal dan dapat
diperbandingkan.
|
|
2.
|
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan
memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan
prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3. Menghargai
kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam
menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
|
|
3
|
3.1. Menjelaskan
konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang
diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.
3.2. Mendeskripsikan
proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
|
3.1.1. Mengidentifikasi SpesifikasiKomputer yang
diperlukan dalam menginstal Program Aplikasi Komputer
3.1.2. Mengidentifikasi Jenis-Jenis Program
Komputerisasi Akuntansi
3.2.1 memahami Proses Pembuatan File data akuntansi
baru untuk perusahaan jasa
3.2.2. Dapat mengecek Informasi perusahaan
|
4
|
4.1. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1.1. Menginstal
program aplikasi komputerakuntansi pada sistem komputer yang telah
dipersiapkan.
4.1.2. Membuat
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3. Dapat
mengecek Informasi Perusahaan
|
C. Deskripsi
Materi Pembelajaran
Lingkup uraian materi pada kegiatan belajar 1 ini
meliputi:
1. Instalasi Program MYOB
2. Menu Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
3. Penyesuaian Format Tanggal dan Simbol Mata
Uang
4. Pembuatan File Data Baru
5. Pengecekan Informasi Perusahaan
D. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1. Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
2. Peserta
didik dan pendidik melakukan curah pendapat tentang program Aplikasi
Komputerisasi Akuntansi
3. Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran.Peserta didik menyepakati kegiatan yang
akan dilakukan.
2. Kegiatan
Inti
1. Mengamati
· Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok yaitu tentang instalsi program MYOB, cara
merubah format tanggal sertacara pembuatan file baru dan informasi perusahaan
· Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
2. Menanya
3. Mengeskplorasi
· Mengumpulkan data/informasi melalui
diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
materi pokok
4. Mencoba
· Mempraktekkan langkah-langkah
pemecahan masalah didasarkan pada solusi yang ditentukan
· Memilih alternatif pemecahan masalah
lainnya
5. Menyimpulkan
· Membuat kesimpulan tentang masalah
dan solusinya
· Mengaitkan dengan konsep dan masalah
lainnya
3. Kegiatan
Penutup
1. Peserta didik membuat rangkuman.
2. Peserta
didik dengan panduan pendidik melakukan
refleksi, misalnya mereviu bagian
mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3. Peserta didik mencatat informasi
tentang tugas untuk
pertemuan Selanjutnya
4. Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
E. Penilaian
1. Teknik
penilaian (terlampir)
2. Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
F. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
:
Persentasi bahan Ajar
2. Alat
: Laptop dan LCD
3. Sumber Belajar :
a) Buku Siswa Komputer Akuntansi Kelas XI Kementerian
Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, 2013
b) Buku Guru Komputer Akuntansi Kelas XI Kementerian
Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, 2013
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian : pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
· Terlibat aktif dalam pembelajaran tentang konsep
komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk
menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, mendiskripsikan
proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
· Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
· Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
· Menjelaskan kembali konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi
sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer
akuntansi yang dipilih dan mendiskripsikan proses pembuatan
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
|
Pengamatan dan
tes tertulis
|
Penyelesaian tugas individu dan
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
· Mampu mengevaluasi tentang konsep komputerisasi akuntansi dan
spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi
komputer akuntansi yang dipilih, dapat membuat file data akuntansi baru untuk
perusahaan jasa serta dapat mengecek informasi perusahaan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
dan saat diskusi
|
J. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Terlampir
Tes tertulis
Mata
Pelajaran
: Komputer Akuntansi
Kelas/Semester
: X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar
:
3.1. Menjelaskan
konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang
diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang
dipilih.
3.2. Mendeskripsikan
proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1 Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah
dipersiapkan.
Indikator
:
1. Unsur-unsur yang saling
mempengaruhi dalam sistem komputerisasi akuntansi:
a. Softwares, Hardwares, Program Applications,
Inputs dan Outputs.
b. Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c. Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan
Outputs.
d. Input, Hardwares, Softwares, Process, dan
Output.
e. Hardwares, Program Aplication, inputs dan
Outputs.
2. Program MYOB termasuk kelompok:
a. Input dan Output
b. Hardwares
c. Process
d. Softwares
e. Brainwares
3. Format tanggal program MYOB Sejak awal
adalah:
a. YYYY/MM/DD
b. DD/MM/YYYY
c. MM/DD/YYYY
d. YYYY/DD/MM
e. MM/YYYY/DD
4. Menu yang digunakan untuk pembuatan file data
bisnis baru:
a. Explore
b. What’s New
c. Open
d. Create
e. Exit.
5. Kolom informasi perusahaan yang harus diisi
(tidak boleh kosong):
a. Serial Number
b. Company Name
c. Address
d. Phone and fax number
e. Email Address.
6. Yang dimaksudkan dengan Current Financial
Year:
a. Periode akuntansi yang sedang berjalan
b. Periode akuntansi yang akan datang
c. Periode akuntansi yang lalu
d. Periode akuntansi selama perusahaan
beraktivitas
e. Periode akuntansi tertentu.
7. Yang dimaksud dengan Last Month of Financial
Year:
a. Bulan awal dari periode akuntansi
b. Bulan awal dan akhir dari periode akuntansi
c. Bulan akhir dari periode akuntansi
d. Akhir bulan (Desember) dari periode akuntansi
e. Akhir bulan (Januari) dari periode akuntansi
8. Yang dimaksud dengan Conversion Month:
a. Bulan saat terjadinya transaksi keuangan
b. Bulan pertama digunakan komputer akuntansi
c. Bulan awal periode akuntansi yang berjalan
d. Bulan akhir periode akuntansi yang berjalan
e. Bulan pergantian periode akuntansi
9. Jika perusahaan menggunakan
jumlah periode 13 bulan, maka bulan ke-13
khusus untuk:
a. Mencatat transaksi bulan Desember
b. Mencatat transaksi awal periode
c. Mencatat transaksi penyesuaian (adjustment)
d. Mencatat transaksi kesalahan
e. Mencatat rekonsiliasi akun-akun tertentu
10. Nama file data bisnis harus unik, artinya:
a. Nama file harus mudah diingat
b. Nama file harus mudah ditemukan atau dicari
c. Nama file harus spesifik tidak ada yang
menyamai
d. Nama file harus sama digunakan berkali-kali
e. Nama file disimpan di folder
khusus
RUBRIK PENILAIAN
No.
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
C
|
1
|
2.
|
D
|
1
|
3.
|
C
|
1
|
4.
|
D
|
1
|
5.
|
B
|
1
|
6.
|
A
|
1
|
7.
|
C
|
1
|
8.
|
B
|
1
|
9.
|
C
|
1
|
10.
|
C
|
1
|
Skor maksimum
|
10
|
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran
: Komputer Akuntansi
Kelas/Semester
: X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar
:
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika
profesi bidang komputer akuntansi.
Indikator
:
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran Komputerisasi
Akuntansi.
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
aktif dalam pembelajaran
|
sama sekali tidak ambil bagian
dalampembelajaran
|
sudah ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
|
sudah ambil bagian dalam
pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
|
2
|
bekerjasama dalam kegiatan kelompok
|
sama sekali tidak berusaha
untukbekerjasama dalam kegiatan kelompok
|
sudah bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
|
Sudahbekerjasama
dalam kegiatan kelompoksecara terus
menerus dan ajeg/konsisten
|
3
|
toleran terhadap proses pemecahan masalah
|
sama sekali tidak bersikap toleranterhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
|
sudah ttoleranterhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
|
Sudah toleranterhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
|
Skor Maksimum
|
9
|
Penilaian Sikap
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
||||||||
Aktif
|
Kerjs sama
|
Toleran
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
…………………………………..
|
||||||||||
…………………………………..
|
||||||||||
…………………………………..
|
||||||||||
…………………………………..
|
||||||||||
Dst
|
Total
Skor =
------------- x 10
9
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran
: Komputer Akuntansi
Kelas/Semester
: X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar
:
4.1 Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Indikator
:
4.1.1. Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah
dipersiapkan.
4.1.2. Membuat file
data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3. Dapat
mengecek Informasi Perusahaan
Buatlah file data baru menggunakan program MYOB versi18 untuk perusahaan
jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 2 di Lembar Kerja Peserta Didik), dengan
rincian sebagai berikut:
Instruksi:
1. Tes ini
dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan dikerjakan oleh peserta didik
secara berkelompok.
2. Pada
akhir waktu tes diminta setiap peserta
didik menyerahkan hasil pekerjaannya dalam bentuk file.
3. Tugas 1,
Menginstal Program MYOB 18
4. Tugas 2.
mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
5. Tugas 3,
menetukan periode akuntansi.
6. Tugas 4,
menentukan nama folder (My Documents/Data MYOB 18 dan nama file RIOD-nama peserta
didik masing-masing.
Hasil Evaluasi :
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil :
mampu Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer
yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan
jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan
1. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah
dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan
Dapat mengecek Informasi Perusahaan
2. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha
untuk menerapkan Menginstal program aplikasi komputer
akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data
akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi
Perusahaan tetapi belum tepat.
3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha
untuk Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada
sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk
perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan dan sudah
tepat.
Comments
Post a Comment