Kompetensi Inti terdiri atas 4
(empat) aspek, yaitu: KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3
(pengetahuan), dan KI-4
(keterampilan). Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada Mata Pelajaran TIK/Informatika tidak dirumuskan, tetapi
hasil pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dari pengetahuan dan
keterampilan. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran
tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik. Sedangkan kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan
dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Kompetensi inti sikap spiritual
dan sikap sosial pada mata pelajaran TIK/Informatika tidak dirumuskan namun
menjadi fondasi dalam pembelajaran TIK/Informatika.
Kompetensi spiritual dan sikap
sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik. Pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Sedangkan tema untuk setiap
jenjang didefinisikan sebagai berikut
PAUD
dan SD: “Computing for fun”, peserta didik diajak mengenal dan mulai
menggunakan komputer secara menyenangkan
SMP
: Computing as Tools and foundation, dimana sistem komputer dan aplikasi mulai
dipakai peserta didik secara lebih serius untuk menunjang proses pembelajaran,
dan dikenalkan aspek keilmuannya dalam bentuk visual.
SMA:
Computer Science, di mana peserta didik mendapat landasan dalam bidang
informatika (ilmu komputer), yang lebih abstrak.
Untuk Lebih Lengkapnya KI dan KD silahkan klik tautannya disini
Untuk Lebih Lengkapnya KI dan KD silahkan klik tautannya disini
Comments
Post a Comment